Jumat, 22 Januari 2016

Giveaway : Permainan Masa Kecil

Apa kabar masa lalu ?

Pasti banyak hal pernah terjadi pada masa lampau. Apalagi ketika masa-masa puber atau bahkan ketika masa masih kanak-kanak. Banyak hal yang dilakukan ketika masih kecil. Seperti saya yang angkatan tahun 90'n. Begitu banyak permainan dilakukan ketika saya belum sekolah, bahkan ada beberapa permainan masih saya lakukan ketika Sekolah Dasar akan berakhir.

Dari mulai permainan galasin, petak umpet, gebokkan, lompat tali, gangsing, bola bekel, kelereng, layangan, masak-masakan, rumah-rumahan dan masih banyak yang lainnya. Dari sekian banyaknya permainan, saya lebih suka main rumah-rumahan. Bukan karena saya takut keringetan atau tidak suka lari-larian. Namun berhubung ketika saya masih kecil, teman sepermainan saya kebanyakan umurnya 2 atau 3 tahun diatas umur saya. Sudah bisa menebak kan, bahwa anak bawang dalam setiap perminan pasti selalu mudah dikerjain atau dibohongin dan dianggap paling menyusahkan. Jadilah saya lebih sering melihat mereka bermain, dibandingkan diajak bermain.

Apakah ada yang pernah main rumah-rumahan ?

Kalau jaman sekarang main rumah-rumahan, biasanya rumah yang akan dimainkan sudah bisa dibeli seperti rumah asli namun dengan ukuran yang lebih kecil. Sayangnya ketika saya masih kecil, permainan rumah-rumahan saya tidak semewah sekarang. Rumah yang akan saya bangun, terlebih dahulu saya kumpulkan bahan-bahannya. Bahan-bahan tersebut meliputi, bungkus korek api pentol, bungkus rokok, bungkus odol, bungkus chiclets bahkan dus sepatu pun ikut dikumpulkan. Selain bisa digunakan untuk membuat rumah-rumahan tingkat, dapat juga digunakan untuk menyimpan barang-barang membuat rumah-rumahan.

Apakah ada yang tahu, fungsi dari bungkus-bungkus itu ?

Kalau saya memfungsikan bungkus odol sebagai dinding rumahan saya, bungkus rokok untuk tempat tdrnya atau mobilnya, bungkus korek untuk meja atau bangku, sedangkan bungkus chiclets sebagai sofa. Menarik kan? Buat saya sih menarik sekali, karena bisa mengkreasikan dan memfungsikan apa yang ada.

Nah, pengisi rumah-rumahannya saya menggunakan mainan kertas 'bongkar pasang'. Ada yang tahu dan pernah mengingatnya ?

Kurang lebih seperti inilah wujudnya, yang pakaian dan aksesorisnya bisa diganti-ganti. Bermain rumah-rumahan, seperti layaknya keluarga pada dunia nyata. Ada ayah, ibu dan anak. Bahkan kadang saya memainkan pemain tunggal, tidak hanya sekedar berganti pakaian. Saya pun melakukan perbincangan antara orang-orangan satu dengan orang-orangan lainnya. Seperti berbicara ke layaknya tetangga, atau teman. Berganti pakaian seolah seperti akan pergi ke suatu acara atau sekolah.

Permainan ini saya begitu menyenanginya, karena selain belajar untuk membuat rumah, dengan keterbatasan kardus-kardus yang saya punya. Permainan ini jua menuntut saya memainkan imajinasi untuk membuat sebuah cerita. Karena dalam permainan ini, saya memunculkan percakapan-percakapan, ataupun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan oleh orang-orangan yang saya punya.

Meskipun permainan ini menyenangkan buat saya,  namun ibu saya tidak menyukainya karena ketika kelas 5 SD, saya pun masih memainkannya.Biasanya ketika saya sekolah, ibu saya akan membakar kardus-kardus tersebut. Tapi bukan saya namanya, jika tidak mampu mengumpulkannya kembali. Odol yang dibeli oleh ibu saya, bungkusnya saya ambil. Rokok punya ayah saya, isinya saya keluarin. Atau isinya saya satukan dengan bungkus rokok beliau yang lain. Dan memang benar istilah 'banyak jalan menuju ke Roma'.

Setelah saya menceritakan permainan yang menyenangkan semasa saya kecil, apakah anda pernah memainkannya juga ?


22 Januari 2016

Note :

"Tulisan ini diikutkan dalam Giveaway Permainan Masa Kecil yang diselenggarakan oleh Mama Calvin dan Bunda Salfa



6 komentar:

nchie hanie mengatakan...

kabar masa lalu baik2 ajaaa...
jadi inget masa lalu waktu kecil juga, permainannya sama,
Main rumah2 an dr dus bekas pasta gigi jugaaa...

Sofhy Haisyah mengatakan...

permainan ini juga menjadi salah satu permainan kesukaan saya waktu kecil~~

Santi Dewi mengatakan...

permainan bongkar pasang dulu memang sedang trend ya...

Lidya Fitrian mengatakan...

masih ingeeet aku sama mainan BP ini dulu suka mainin juga. Makasih sudahberpartisipasi ya

Pungky Prayitno mengatakan...

Iyaaa dulu suka pake bungkus rokok sama korek yaa buat jadi perabot rumah hihihi

Ipeh Alena mengatakan...

Duhai, sailormoon pula mainannya. Saya inget banget sama mainan itu. Tapi dulu saya nyebutnya bukan bongkar pasang, tapi orang-orangan :D. Paling suka itu kalau orang-orangannya ada satu paket sama tempat tidurnya. Kreatif bangettt

Posting Komentar