Rabu, 03 September 2014

#SeninSehat : Kelenjar Getah Bening (Diskusi with KBI 2)


Momod : Kak Risti (@ristinafauzia)
Peserta : Penghuni KBI 2
Tanggal : 01 September 2014


Apa itu kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening berbentuk seperti kacang yang terdapat di seluruh tubuh. Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem limfatik yang membawa cairan getah bening, nutrisi, dan bahan limbah lainnya antar jaringan tubuh dan aliran darah. Sistem limfatik merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh atau sistem pertahanan tubuh terhadap penyakit. Kelenjar getah bening berfungsi menyaring cairan getah bening yang melaluinya, sehingga bakteri, virus, dan zat-zat asing lainnya terjebak di dalamnya. Zat-zat yang terjebak kemudian dihancurkan oleh sel darah putih (limfosit). Kelenjar getah bening dapat ditemukan secara tunggal atau berkelompok. Kelenjar getah bening yang mengelompok dapat dirasakan di leher, pangkal paha, dan ketiak. Sebagian besar kelenjar getah bening di dalam tubuh tidak bisa dirasakan.

Apa yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening?

Kelenjar getah bening dapat membengkak karena kondisi tertentu. Masalah seperti cidera luka, infeksi, atau tumor di atau dekat kelenjar getah bening dapat menyebabkan kelenjar membengkak. Pembengkakan kelenjar getah bening dapat menjadi indentifikasi suatu masalah kesehatan. 

Beberapa penyebab pembengkakan kelenjar getah bening :

a. Kelenjar di kedua sisi leher, di bawah rahang, atau di belakang telinga, biasanya membengkak saat Anda terkena pilek atau sakit tenggorokan. Kelenjar juga bisa membengkak setelah cedera, seperti luka atau gigitan, yang berada di dekat kelenjar. Tumor atau infeksi yang terjadi di dalam mulut, kepala, atau leher juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar di bagian ini.

b. Kelenjar di ketiak (kelenjar getah bening aksila) dapat membengkak dari cedera atau infeksi di lengan atau tangan. Pembengkakan di aksila juga dapat disebabkan oleh kanker payudara atau limfoa (sejenis kanker darah).

c. Kelenjar di pangkal paha (kelenjar getah bening femoralis atau inguinalis) dapat membengkak karena cedera atau infeksi pada kaki, pangkal paha, atau alat kelamin. Penyebab lain, pembengkakan juga dapat terjadi karena penyakit kronis, seperti kanker testis, limfoma, atau melanoma.

d. Kelenjar di atas tulang selangka (kelenjar getah bening supraklavikula) bisa bengkak dari infeksi atau tumor di daerah-daerah paru-paru, payudara, leher, atau perut. Tempat umum untuk pembengkakan kelenjar getah bening adalah di leher, pangkal paha, dan ketiak.

Apa artinya jika pembengkakan terjadi pada dua atau lebih dari kelenjar getah bening?

Ketika kelenjar getah bening membengkak pada dua atau lebih area tubuh, maka disebut limfadenopati generalisata. Hal ini mungkin disebabkan oleh: Penyakit virus, seperti campak, rubella, cacar air (varicella), atau gondok.

Mononucleosis (Epstein-Barr virus), yang mengakibatkan demam, sakit tenggorokan, dan kelelahan. cytomegalovirus (CMV), sebuah infeksi virus yang menyebabkan gejala mirip dengan mononukleosis. Sebuah penyakit bakteri, seperti radang tenggorokan (yang disebabkan oleh bakteri streptokokus) atau penyakit Lyme (infeksi bakteri yang disebarkan oleh beberapa jenis kutu).

Efek samping fenitoin (Dilantin), obat yang digunakan untuk mencegah kejang. Efek samping vaksinasi, seperti campak, gondok, atau rubella.

Kanker, seperti leukemia, penyakit Hodgkin, dan limfoma non-Hodgkin. Acquired immunodeficiency syndrome (AIDS), yang berkembang setelah tertular HIV (human immunodeficiency virus). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh, sehingga sulit bagi tubuh untuk melawan infeksi dan beberapa penyakit.
Sifilis, penyakit menular seksual.

Bagaimana pembengkakan kelenjar getah bening diobati?

Pengobatan untuk pembengkakan kelenjar getah bening harus berdasarkan penyebabnya. Jika pembengkakan karena infeksi bakteri, pasien dapat diberi antibiotik. Jika infeksi disebabkan oleh virus, biasanya akan hilang dengan sendirinya. Namun jika pembengkakan kelenjar disebabkan kondisi serius, misalnya kanker, maka perlu dilakukan biopsi.


Setelah kak Risti memberikan info mengenai apa itu kelenjar getah bening, penyebabnya serta cara pengobatannya. Maka acara diskusi pun dimulai :

Q : Jadi kelenjar getah bening itu ga terpusat di leher aja ya ?

A : Enggak kak.. Kelenjar getah bening ada dimana mana.. Cuma yangg kumpulannya banyak ada di leher, ketiak, selangkangan. Biasanya yang sering dipake untuk pemeriksaan juga bagian itu..

Q : Yang mengedarkan nutrien itu getah bening atau darah sih kak?

A : Jadi sepahamanku, darah kan diedarkan seluruh tubuh. Nah diedarkan ke jaringan jaringan itu sama getah beningnya. Kan getah bening nyelip nyelip di dalem jaringan gitu

Q : Bentar-bentar aku mo tanya. Kan ponakan aku tuh dibelakang telinga kek membengkak gitu dua2nya tapi. Itu kenapa yah?  Kalo daerah belakang telinga itu ada yg "rajin" bengkak kalo kita sakit kan? Itu tandanya tubuh lagi produksi imun tubuh bukan? 

A : Biasanya memang ada reaksi imun. Mungkin ada virus atau bakteri yg lagi nyerang badan individu tsb. Flu juga kan virus, bisa aja orang yg flu bengkak di kelenjar getah beningnya.Adakah tanda tanda lain selain pembengkakan di belakang telinga nya Le?Suaranya serak. Kalo dia sering mengalami demam tinggi, trus ada penurunan berat badan, napsu makan kurang juga aku prefer dia dibawa periksa aja ke dokter.

Q : Kalo kanker getah bening? Tapi lokasinya justru di rahim gimana Kak?

A : Getah bening kan memang menyeluruh di seluruh badan tersebar dimana mana, nah mungkin awalnya enggak di rahim tapi kanker itu adalah tumor ganas yg metastasisnya (kemampuan menyebar) cepet. Bisa jadi dia hasil metastasis tp bisa juga memang menyerang kelenjar yg di area rahim.

Q : Ada pantangan makanan buat yg mengidap penyakit kelenjar getah bening gak kak?

A : Tergantung dari apa efek sakitnya juga. Sebaiknya sih malah makan yg bergizi tinggi buat ningkatin imun. Krna kelenjar getah bening kan dia bertugas buat bunuh patogen. Makan aja banyak protein dan gizi lainnya..

Q Getah bening itu darah putih bukan sik??

A : Getah bening mengandung darah putih (limfosit)

Q : Berarti kelenjar getah bening berekasi karena ada bakteri atau virus yang menyerang, maka bila ada pembengkakan pada daerah-daerah seperti leher, ketiak dan selangkangan si kelenjar getah bening sedang bekerja. Aku punya temen kak, dya waktu itu lehernya deket di bawah telinganya bengkak, dan dya ke rumah sakitlah, tadinya dia mau ke dokter umum, namun setelah ditanya sang perawat dia dialihin ke dokter spesialis, pas dia konsul dokternya nyuruh operasi. Nah apakah setiap pembengkakan seperti itu harus d operasi? Sedangkan tadi dibilang, bisa cukup dengan antibiotik saja. 

A : Nah pembengkakan di leher engga semua bisa disembuhin pake obat. Kalo itu jadinya tumor atau kanker yaaa harus diangkat. Kalo bengkak yg karena bakteri atau virus dia enggak keras bentuknya. Trus enggak terlalu gede bengkaknya. Kalo pun memang cuma diobatin kempes ada kemungkinan nanti bengkak lagi

Q : Tapi itu pertama kali dya ke dokter itu, apakah tahap awal operasi tidak d lakukan pemerian antibiotik terlebih dahulu ? 

A: Ke specialis bedah ya? Kalo sudah langsung dirujuk ke spesialis biasanya memang sudah butuh pengangkatan. Karena leher itu kan sarafnya banyak banget, takutnya makin gede dan ganggu fungsi saraf malahan. Ada batasannya pembengkakan jenis apa yg bisa diobati dengan antibiotik, kembali lagi diliat krna sebabnya. Kalo dia sehat tapi ada jendolan di leher biasanya memang disarankan langsung operasi, karena ditakutkan akan berkembang menjdi jariangan tumor atau kanker.

Q : Apakah pembengkakan karena tumor atau kanker, pembengkakannya akan terus bengkak, atau dya bisa saja mengecil dan ndak keliatan membengkak?

A : Kalo karena tumor atau kanker enggak bisa mengecil kecuali diambil. Logikanya tumor atau kanker kan jaringan yang tumbuh dengan luar biasa, nah jadilah dia bakal tumbuuuuuuh teyus dan mengganggu

Q Klo penyebabnya virus, cukup antibiotik aja kan? Ndak perlu sampai operasi juga?

A : Seringnya dokter memang memilih untuk operasi karena meminimalisir kekambuhan Kebetulan pas aku di ruang bedah memang banyak pasien yg baru sekali datang langsung di operasi. Ya karena itu, biar ga bolak balik ngeluh jendol. Biar tubuh bisa kerja optimal lagi. Operasinya keliatan kecil tapi lumayan gede juga sebenernya. Karena operasi di leher harus hati hati dengan syaraf.. Dokternya kan diasistenin perawat juga. Biasanya perawat mengingatkan dan membantu dokter unt batasan mana syaraf mana yg pembuluh darah.


Kurang lebih seperti itulah isi diskusi bersama di WA KBI 2. :)))))





Tidak ada komentar:

Posting Komentar