Sabtu, 17 Agustus 2013

Kelenjar Getah Bening (KGB), ada apa dengan dia ?

Kelenjar getah bening adalah bagian dari sistem pertahanan tubuh. Dimana terdapat sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kelenjar getah bening ini menjadi begitu ngetrend sejak tiga hari yang lalu dalam hidupku. Dan sejak tiga hari yang lalu pula, aku mengenal KGB itu. Ketika aku bercerita ke kunyuk tentang kondisi ku, terutama tentang benjolan yang ada di bawah telingaku. Dan dia dengan begitu ngotot nya memaksa aku untuk segera memeriksakannya ke dokter.

Kemarin siang aku ke Rumah Sakit, hanya ingin ke Dokter Umum tadinya. Ketika namaku terpanggil oleh suster, aku di cek tensi darah. Alhamdulilah normal. Saat di tanya keluhan, aku menjawabnya termasuk benjolan yang sekarang sedang singgah di leherku. Suster itu menyarankan padaku, "mbak kalo benjolan gini sih mending langsung ke Dokter Bedah aja yah. Biar nanti bisa di operasi buat di ambil sampelnya". Jujur aku benggong dua detik, "ya udah sus, langsung ke Dokter Bedah saja". Suster itu memberi tau kalau Dokter Bedah baru ada nanti jam lima sore. Akhirnya aku kembali bekerja siang itu.

Malam hari. Masih di Rumah Sakit yang sama. Dalam ruangan ini, Dokter Bedah menjelaskan. Beliau tidak akan memberikan aku obat antibiotik, untuk menyembuhkannya. Karena yang beliau perlukan adalah sampel nya, jadi salan satu-satunya adalah di biopsi (pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium). Jadi harus di operasi untuk mengetahui benjolan itu disebabkan oleh infeksi ataukah oleh tumor. Beliau pun menjelaskan masing-masing cara penanganannya. Air mata ini jatuh nggak bisa di tahan. Ya benar, aku nanggis di depan sang Dokter. Mungkin saat itu suhu tubuhku memang sedikit deman, sehingga membuatku bisa dengan mudah menjatuhkan air mata bila mendengar berita-berita haru. Dokter menenangkanku, berharap kalau ini hanya infeksi dan aku tidak perlu terlalu khawatir.


17 Agustus 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar